Seminar Job Career, Persiapkan Mahasiswa Hadapi Persaingan Kerja

Exif_JPEG_420Minggu, 18 Mei 2014 lalu, PT Paragon Technology and Innovation bekerjasama dengan BEM FMIPA UNY mengadakan Seminar Job Career. Acara tersebut diselenggarakan di Student Center UNY lantai 3. Sekitar 150 peserta mengikuti seminar job Career yang dibersamai Fajar Wibowo, S.Si. Seminar yang dipandu oleh dua MC yaitu Aji dan Kara ini dimulai sekitar pukul 8.00.

Fajar Wibowo, S.Si menyampaikan beberapa tips dalam mempersiapkan diri ke dunia kerja. Beliau menyampaikan bahwa ada empat tipe minat kerja yaitu tipe vertical yang lebih dominan managerial dan kekuasaan, tipe spiral yang lebih ke arah pengembangan dan professional, tipe spesialis yang lebih ke arah kompetensi teknis, dan tipe entrepreneurial yang lebih ke arah kewirausahaan. Berdasarkan karakter dalam teori MBTI, ada empat karakter antara lain,
1. Attitude (dalam pengembalian energi), terdiri dari Introvert (I) (menyendiri) & Ekstrovert ( E ) (sering terbuka dan bertemu dengan orang lain)
2. Information Gathering, terdiri dari Intuition (N) (lebih berpikir kompleks) dan Sensing (S) (berpikir sederhana, sesuai guna)
3. Decision Making, terdiri dari Thinking (T) (berpikir logika) dan Feeling (F) (lebih toleransi)
4. Structure Orientation, terdiri dari Judging (J) (teratur) dan Perceiving (P) (acak)
Setelah semua peserta seminar menulis salah satu karakter dari masing-masing aspek, beliau meminta perwakilan peserta untuk menyampaikan pilihannya dan menganalisis karakter serta saran pengembangannya.
Selanjutnya, beliau menyampaikan beberapa tips dalam menyiapkan Curriculum Vitae (CV), tes tertulis dan Job Interview. Dalam menyiapkan CV yang perlu diperhatikan antara lain,
1. Cukup 1-2 halaman
2. Riwayat Pendidikan cukup SMA dan Perguruan Tinggi dilengkapi IPK dan transkrip nilai
3. Hobi dan nama orang tua tidak perlu ditulis. Cukup nama, no HP/email dan personal information saja.
4. CV dibuat poin-poin saja, jangan naratif/deskriptif.
5. Ukuran foto jangan terlalu kecil, standar 4×6, usahakan berwarna.
6. CV tidak harus colorfull, sesuiakan dengan perusahaan yang dituju.
7. Lalukan tes baca dengan meminta 3 rekan untuk membaca sebagai evaluator dengan kriteria penilaian CV harus singkat, sederhana, lengkap, akurat, bahasa baik dan positif.
Dalam tes tertulis, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain,
1. Cukup tidur pada malam sebelumnya.
2. Usahakan sarapan, tetapi jangan terlalu banyak
3. Dengarkan instruksi dengan baik
4. Ikuti instruksi pengerjaan dengan benar ( perhatikan alat tulis yang harus digunakan)
5. Berpikirlah dengan cepat dan berikan kemampuan terbaik.
6. Serius tetapi relaks.

Dalam mempersiapkan job interview, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain,
1. Jika wawancara dilakukan secara panel, biasanya pertanyaan ditekankan pada bagaimana antusiasme, lakukan komunikasi efektif(jangan berbelit-belit) dan menjawab pertanyaan atau tidak.
2. Perhatikan pakaian. Pakailah pakaian rapi (wanita: atas ke bawah polos, memakai blazer warna netral dan rok /celana hitam, pakai sepatu high hill yang tidak bersuara. pria: memakai kemeja berkerah dan polos , jangan batik/polkadot, memakai gasper, celana, kaos kaki dan celana yang senada warnanya, memakai minyak rambut dengan rambut pendek, kumis dan jenggot dirapikan.
3. Berikan senyum hangat
4. Percaya diri
5. Jabat tangan sekali saja dengan posisi siap
6. Jangan duduk bersandar, gunakan setengah bagian kursi untuk duduk. Duduk senyaman mungkin dengan kaki selebar bahu. Tangan senyaman mungkin tetapi jangan sedakep.
7. Tunjukkan dan jadi diri yang terbaik
8. Jangan telat
9. Tunjukan bahwa kita siap kerja.
Setelah itu, pembahasan mengenai personal Development yang menyarankan untuk menjadi diri yang positif dan produktif baik pikiran, perkataan dan perbuatannya, terbiasa dengan kesibukan sehingga lebih siap dan mengambil kesibukan yang lebih positif. Kepribadian (personality) yang banyak dibutuhkan dan dicari adalah yang memiliki enam big fight yaitu consentesnes dengan ketekukan dan kesungguhan, extrafection dengan berpikir dari sudut pandang lain agar dapat mengetahui kunci masalah dengan mudah, Great dengan bisa menerima pendapat orang lain, Openes the experience dengan terbuka dengan diri sendiri dan orang lain, ketahanan kerja dengan tidak cepat lelah yang dapat dilatih dengan menambah kesibukan, serta behavior of presence dengan memiliki kharisma yang muncaul saat kehadiran dirinya.
Banyak pengalaman dan pengetahuan yang disampaikan pada seminar job career ini. Beberapa peserta yang aktif bertanya juga mendapat doorprise dari produk wardah. Setelah istirahat sholat dan makan siang, peserta mengikuti tes tertulis dan wawancara tertulis tanpa scaning CV untuk seleksi masuk PT Paragon. Bagi peserta tes yang lolos akan dihubungi secara langsung oleh pihak PT Paragon. Semoga beberapa tips persiapan kerja tersebut dapat membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat. Salam Sukses.^_^

By Laila

Print Friendly, PDF & Email

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 8 =


1 + 9 =